Terima Kasih Kepada Para Donatur dan kepada semua pihak yang telah dan akan memberikan bantuan baik dana , Tenaga atau Pemikiran atas kelancaran Pembangunan Masjid Jami' Al Rasyidin, Semoga Alloh SWT melipat gandakan pahala seperti yang telah di janjikan-Nya ... Amin

Minggu, 08 Mei 2011

proposal

PROPOSAL

I. Dasar Pemikiran

Bismillahirrohmaanirrohiim.

    Masjid adalah pusat kegiatan umat islam dalam menunaikan kewajiban Dakwah dan ibadah kepada Alloh SWT . Termasuk didalamnya berbagai aktifitas pendidikan  dan pembinaan keislaman terhadpa masyarakat sekitarnya.

    Untuk mewujudkan apa yang menjadi fungsinya tersebut maka diperluakan adanya Masjid yang Refresentatif dan memadai.

    Masjid Jami’ AL-RASYIDIN yang terletak di Kp. Cibeber RW 07 Kelurahan Sambong jaya  Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalya seperti hal nya masjid masjid yang lain , setiap hari padat dengan berbagai kegiatan agama,  Akan tetapi kegiatan kegiatan yang biasa dilaksanakan  kini terhenti yang di akibatkan dengan keadaan masjid yang rusak berat dan sangat menghawatirkan .

    Oleh karena itu revitalisasi dan pembangunan kembali sarana peribadatan tersebut harus segera di laksanakan agar masyarakat kembali dapat melaksanakan kegiatan keagamaan seperti sebelumnya .

     Menyadari akan hal itu , maka dengan penuh rasa tawadlu’ dan tawakal kepada Alloh SWT serta dengan mengharapkan bantuan  semua pihak kami akan berusaha dengan sepenuhnya untuk merealisasikannya.

    Semua itu merupakan bentuk tanggung jawab  kamin  untuk berperan serta mewujudkan  masyarakat beriman yang selalu memakmurkan masjid dan mendapat petunjuk Alloh SWT.



II.  MAKSUD DAN TUJUAN


Sebagai  salah satu sarana  ibadah yang representatif  dan memadai,  keberadaan Masjid tersebut bagi warga cibeber dan sekitarnya ,di pergunakanan  untuk kegiatan :

1.  Sarana peribadatan yang dilakukan dengan berjamaah.
2.  Sarana Pendidikan dan Pembinaan keagamaan khususnya bagi anak anak dan remaja .

Tujuan yang diharapkan dengan kembali terwujudnya Masjid Jami’ Al-Rasyidin :

1.  Menyediakan kembali sarana Ibadah yang kini telah Hancur  dan sedang di bangun.
2. Menyediakan sarana bagi masyarakat sekitar  yang semakin bertambah seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin bertambah dengan berdirinya perusahaan yang menyertakan karyawan yang tentu membutuhkan sarana ibadah.

3.  Bisa memberikan sarana beribadah yang nyaman  bagi warga dan sekitarnya, yang saat ini kegiatan ibadah terganggu dengan ketidak tertampungnya warga yang melaksanakan ibadah khususnya pada pelaksanaan sholat jum’at. dan hari besar.

4. Dengan berdirinya kembali Masjid Jami’ AL - Rasyidin masyarakat kembali dapat bershilaturahmi , meningkatkan kebersamaan dalam memakmurkan masjid sebagai bentuk ketaqwaan kepada Alloh SWT.



III.  Sumber Daya dan Pemanfaatan

1. Sumber Daya

   Masjid Jami’ Al - Rasyidin diatas sebidang tanah wakaf dari keluarga Bani Khulaemi dan Bani Juaeni seluas 320 meter persegi  dan swadaya masyarakat seluas 192 meter persegi yang berlokasi di kampung cibeber RW 07 Kelurahan Sambong jaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya

2. Rencana Pemanfaatan

    Masjid Jami’ Al- Rasyidin didirikan dua lantai dengan luas Bangunan masing masing lantai  331 meter persegi dengan rencana pemanfaatan :

    1. Lantai Dasar Masjid
    2. Lantai Dua Masjid, Perpustakaan, Ruang Logistik, kantor  dan  Ruang Rapat
    3. Sarana Thoharoh

3.  Bisa memberikan sarana beribadah yang nyaman  bagi warga dan sekitarnya, yang saat ini kegiatan ibadah terganggu dengan ketidak tertampungnya warga yang melaksanakan ibadah khususnya pada pelaksanaan sholat jum’at. dan hari besar.

4. Dengan berdirinya kembali Masjid Jami’ AL - Rasyidin masyarakat kembali dapat bershilaturahmi , meningkatkan kebersamaan dalam memakmurkan masjid sebagai bentuk ketaqwaan kepada Alloh SWT.

IV.Nama dan Lokasi Pembangunan

Nama Proyek                    : Proyek Pembangunan Masjid Jami’ Al Rasyididn
Luas Pembangunan             : 320 meter persegi  2 Lantai
Anggaran Pembangunan     : 530.000.000 ( Lima  Ratus tiga puluh Juta rupiah ) berdasarkan                                                                     harga material Bulan Nopember 2010.
Lokasi Pembangunan         : Kp. Cibeber Rt 02/07 Kel. Sambong jaya Kec. Mangkubumi                  KotaTasikmalaya.
Pengerjaan                        : Tenaga Ahli setempat dan Gotong royong
Mulai Pengerjaan               :  di mulai tanggal  9 Januari 2011
Sumber Dana                     : Kas DKM
                                           Swadaya Masyarakat
                                           Sumbangan Para Donatur

Kondisi Pembangunan Saat ini    : Pembangunan berjalan dan sudah menyelesaikan sekitar 55%                   dari target.
Penutupan Anggaran        : Sampai Bulan Pebruari 2012 dana yang telah berhasil dikumpulkan:
               
                1. Swadaya Masyarakat dan Donatur sebesar Rp. 265.030.000
                2. Bantuan Material Bangunan senilai              Rp. 201.050.000

V. Kesekretariatan dan Informasi :

Sekretariat Panitia     : Kp. Cibeber Rt07/07 Kel. Sambong jaya Kec. Mangkubumi
Telepon                     : 0265 346 556
email                         : masjidalrasyidin@yahoo.com
Informasi umum         : http://masjidalrasyidi.blogspot.com
Kas Bantuan Material    : Lokasi Pembangunan Koordinator Bpk. Djedjen ZM

Rekening         : Bank Jabar Banten  no.0017 13565 1100 an. Yayasan Alrasyidin
            
              Top up Cek Saldo dan Bantuan dengan Internet Banking
              BRI  No rek.4456 01 004814 53 7 an. Toto Z Sobirin ( Sekretaris Panitia                                     Pembangunan Masjid Jami’ Al Rasyidin).
VI.  Anggaran Biaya

Pembangunan Masjid jami’ Al Rasyidin Kp. Cibeber diperkirakan berdasarkan perhitungan mentah sebesar RP. 529.209.680 ( Lima Ratus Dua puluh Sembilan juta Dua ratus sembilan ribu enam ratus delapan puluh ).

Rincian / Anggaran Belanja Pembangunan terlampir.




Rincian / Anggaran Belanja Pembangunan terlampir.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar